Rabu, 21 Mei 2014

Lulus sekolah, harus senang atau sedih?

Lulus, 5 huruf yang memang menjadi suatu hal yang paling diinginkan oleh semua orang, mau itu lulus ujian nasional buat yang masih pelajar, lulus skripsinya buat yang lagi kuliah, atau lulus dari ujian interview buat yang lagi mau kerja. Mumpung baru-baru aja ada pengumuman kelulusan buat sma jadi mau ngasih beberapa fakta aja kalau lulus dari sekolah itu harus senang atau sedih.

Memang rasanya bangga banget kalau sudah lepas dari pakaian yang sama dengan lainnya setiap harinya, terus lepas dari yang namanya status pelajar terus ganti jadi statusnya mahasiswa atau ada juga yang statusnya sudah berubah jadi menikah, ada juga kaya gitu. Rasanya belajar selama 12 tahun itu jadi ga sia-sia, tapi kenyataannya kebanyakan orang yang habis lulus itu jadi sedih, kenapa? Banyak hal sebetulnya, salah satunya karena masa-masa sma itu masa yang paling indah, ada yang baru pertama kali yang ngerasain namanya pacaran, ada yang baru nemuin yang namanya arti dari sahabat, atau ada juga yang baru nemuin jati dirinya sewaktu di sma. Tapi kebanyakan sedihnya itu gara-gara kehilangan sahabat sewaktu sma, karena ga mungkin seorang sahabat itu selalu ngikutin sahabatnya kemana aja, apa lagi kalau sudah mau menempuh masa depannya masing-masing biarpun yang namanya sahabat tetaplah sahabat ga bisa terhalang sama apapun.

Sehabis lulus sma kalian pasti ngerasain yang namanya masuk ke lingkungan baru. Mulai yang namanya kehilangan gebetan, geng atau bisa juga sahabat. Karena apa? karena kalian ga bakalan bisa ketemu tiap hari dan ngelakuin aktifitas kaya biasanya mulai pagi sampe siang, atau hilangnya moment ketawaan sambil makan bareng waktu dikantin. ga peduli seberapapun banyaknya temanmu waktu sma.

Jujur gue yang sudah 1 tahun lebih dikit lulus sma itu ngerasain kangen yang namanya masa-masa sma. Kangen make baju satu warna untuk bersama atau putih abu-abu, bebas godain cewek, ngumpul-ngumpul didepan kelas kalau ada guru berebutan masuk kelas, dihukum rame-rame, duduk atau tiduran rame- rame dibelakang kelas sambil dengerin lagu, itu semua ngangenin banget. Karena kalau sudah yang namanya masuk kuliah ngelakuin hal-hal diatas itu ga mungkin banget, karena anak kuliahan pasti sibuk ngurusin diri masing-masing.

Intinya masa-masa sma itu sama aja kaya waktu mimpi basah, ga tau keluarnya kapan tapi bercaknya selalu keinget.

0 comments:

Posting Komentar