Sabtu, 14 Januari 2017

Membangun Toko Online

Yok balik nulis lagi yok setelah sekian lama nda nulis.

Kali ini mau ngebahas yang namanya toko online. Sekarang banyak sekali berbagai macam toko online yang tersedia di search engine. Seperti yang sudah dikenal orang semisal Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain. Yang telah saya sebutkan itu adalah bentuk toko online yang bersifat market place, dimana seluruh penjual dan pembeli bertemu di suatu tempat. Banyaknya toko online ini juga disebabkan oleh sifat manusia yang cenderung malas untuk berbelanja keluar rumah atau ada pula barang yang diinginkan tidak ada di daerah tempat tinggal. Mengapa toko online sekarang ini memiliki prospek yang baik? Karena sebuah survey yang dilakukan oleh badan riset Frost & Sullivan mencatat, bisnis online di indonesia mengalami pertumbuhan rata-rata 17 persen per tahun nya. Maka dari itu ini adalah salah satu alasan mengapa semakin banyak toko online yang kita temui. 

Keunggulan dari toko online ini juga adalah kita memiliki kontrol penuh dan berjualan dengan brand sendiri dan juga tidak ada persaingan harga secara langsung, harga jual dan profit keuntungan sepenuhnya kita yang menentukan. Ada keunggulan pasti ada juga kelemahan, yang paling utama didalam bisnis online yaitu Trust atau kepercayaan, karena ini adalah toko yang kita bangun sendiri maka masih banyak orang yang ragu untuk berbelanja di toko online, apa lagi jika kita mengeluarkan brand baru yang belum mereka kenal, disinilah dibutuhkan yang namanya kerja keras dan kemampuan kita sebagai pemilik agar konsumen menjadi yakin dan nyaman pada saat bertransaksi. Berilah pelayanan yang baik dan memuaskan walaupun itu sesuatu hal yang kecil. Dengan sendirinya kepercayaan itu akan datang dan konsumen pun akan bertambah.

Yang pasti jangan mudah menyerah jika ingin mulai berbisnis online. Persaingan itu pasti ada, tinggal bagaimana cara agar konsumen tertarik dengan produk yang kita jual.

Cuma sedikit memberi referensi saja, banyak sekali jasa-jasa pembuatan toko online sekarang ini, namun kita tau juga bahwa untuk pembuatan toko online itu tidak murah. Harga kisaran untuk membuat toko online ataupun website-website lainnya yaitu 5jt-15jt keatas tergantung dari bagaimana kerumitan atau kelemgkapan tampilan website tersebut. Maka dari itu saya telah berseluncur di internet ternyata ada saya dapatkan untuk membuat toko online dengan harga yang sangat murah. Banyak juga sih ya jasa-jasa pembuatan situs website gratis, namun kebanyakan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Cukup sekian dan terima kasih untuk tulisan kali ini. Mungkin ada sedikit berbau promosi, tetapi tidak ada salahnya jika membantu sesama yang membutuhkan hehehe 🔝🔝🔝

-Cek link dibawah ini jika berkenan untuk membangun toko online sendiri-

0 comments:

Posting Komentar